Membuat Jaringan WiFi dengan Access Point Linksys WAP610N


TOPOLOGI

DESKRIPSI
Access Point (AP) Linksys Wireless-N WAP610N merupakan AP yang cukup smart, karena mampu membaca IP network yang ada pada suatu jaringan, dan kemudian membuat IP Addressnya sendiri sesuai dengan kelas IP network jaringan tersebut, sehingga AP dalam terkoneksi ke jaringan. Fasilitas smart ini dapat dilakukan dengan menjalankan file Setup Wizard yang terdapat pada CD instalasi yang disertakan dalam paket pembelian AP tersebut. Selain dari Setup Wizard, AP ini juga dapat dikonfigurasi secara manual seperti halnya pada AP konvensional lainnya.

Untuk tutorial lebih lengkap, silahkan didownload : Membuat Jaringan WiFi dengan AP Linksys WAP610N

LANGKAH-LANGKAH KONFIGURASI
Diasumsikan bahwa sudah ada jaringan LAN yang terkoneksi ke internet, dimana switch sebagai consentrator dalam jaringan tersebut. Sekarang kita akan menggunakan AP WAP610N agar klient dapat terkoneksi dengan LAN dan internet melalui jaringan wireless atau WiFi.

  1. Buatlah desain jaringan seperti gambar di atas, kemudian aturlah IP address pada PC yang digunakan untuk mensetting AP tersebut menggunakan IP dhcp (obtain), sehingga nanti AP akan memberikan IP dhcp ke PC kita ini secara otomatis.
  2. Langkah pertama pastikan bahwa AP belum terkonfigurasi (masih default). Untuk memastikannya lebih baik direset, dengan menekan tombol reset AP kira-kira 30 detik dengan menggunakan kawat atau jarum. Setelah direset, maka konfigurasi AP akan menjadi default seperti bawaan pabrik (belum ada konfigurasinya) sehingga proses Setup dari Setup Wizard lebih mudah.
  3. Masukkan CD Setup Wizard AP Linksys WAP610N (biasanya disertakan dalam paket pembelian AP Linksys tersebut) ke drive CD pada PC-A, lalu jalankan file Setup.exe sehingga muncul jendela seperti di bawah, lalu pilih [Start Setup], dilanjutkan dengan klik [Next] pada tampilan berikutnya.
  4. Pada tampilan selanjutnya merupakan wizard aggrement. Beri ceklist kotak I accept this aggrement, lalu [Next]
  5. Maka AP akan melakukan scan IP network dan perangkat pada LAN tersebut. Setelah menemukannya, maka AP akan menyesuaikan dan melakukan pengaturan IP address pada interfacenya secara otomatis.
  6. Setelah menemukan network jaringan, wizard akan meminta agar memasukkan password. Silahkan masukkan password sebagai kata kunci bagi orang yang berhak untuk mengkonfigurasi AP. Dalam praktek ini, password yang digunakan, misalnya: 12345, lalu pilih [Next].
  7. AP selanjutnya akan terkonfigurasi, kemudian wizard meminta untuk memasukkan SSID. SSID adalah Service Set IDentifier yaitu nama jaringan AP untuk jalur koneksi client wireless  yang akan mengakses jaringan. Sebagai contoh masukkkan SSID dengan nama : SMKNSUMUT, lalu [Next].
  8. Selanjutnya adalah pengaturan tingkat keamanan dalam bagi client yang akan mengakses AP. Tentukanlah tingkat keamanan tertinggi dengan memilih opsi paling atas yaitu Higher Security (WPA/WPA2), lalu [Next].
  9. Selanjutnya diminta untuk membuat password yang kelak berguna bagi client wireless yang akan konek ke jaringan melalui AP. Karena menggunakan security WPA/WPA2 maka jumlah karakter untuk password adalah sebanyak 8 s/d 63 karakter. Gantilah password yang disediakan oleh wizard dengan password yang kita tentukan sendiri, misalnya kita gunakan password : pengguna lalu [Next].
  10. Selanjutnya ditampilkan hasil akhir konfigurasi AP yang baru saja kita buat, maka lanjutkan dengan memilih [Next].
  11. Setelah penentuan konfigurasi selesai diatur, maka ditandai dengan pesan penyimpanan hasil konfigurasi yang akan disimpan di desktop komputer anda dengan nama Wireless Access Point Settings.txt, lalu klik [OK].
  12. Maka AP akan menerapkan pada AP sesuai dengan konfigurasi yang telah dilakukan. Pada tampilan berikutnya adalah wizard yang memberikan informasi tentang salah satu fitur smart pada AP Linksys WAP610N, yaitu WiFi Protected Setup, yaitu fasilitas yang memungkinkan AP ini dapat terkoneksi dengan perangkat Wireless lainnya yang juga memiliki fitur WiFi Protected Setup. Informasi tersebut kita abaikan saja, lanjutkan dengan klik [Next].
  13. Berikutnya ditampilkan wizard yang menyatakan konfigurasi telah selesai dilakukan dan koneksi jaringan wireless dari client melalui AP telah siap digunakan, maka klik [Finish].
  14. Konfigurasi AP telah selasai, selanjutnya dari client wireless, koneksikan ke AP melalui SSID: SMKNSUMUT, kemudian klik [Connect]. Jika diminta password, ketikkan nama password yang tadi sudah kita buat, yaitu: pengguna. Maka sekarang anda telah terkoneksi ke dalam jaringan atau internet.

Semoga bermanfaat……

About these ads

Posted on 26/09/2012, in BAHAN AJAR, Jobsheet, NETWORKING, Wireless and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 602 other followers

%d bloggers like this: