Membuat Tampilan Jam dan Tanggal di Blog WordPress


Alangkah baiknya apabila blog kita dilengkapi dengan widget Jam dan Tanggal, agar pengunjung blog kita dapat mengetahui informasi tentang waktu, tanpa harus melihat kalender atau jam. Kepada sobat yang memiliki blog wordpress atau yang lainnya, berikut langkah-langkah menampilkan Jam dan Tanggal di Blog WordPress. Kali ini saya akan mengambil widget tersebut dari http://www.al-habib.info

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.    Buka situs http://www.al-habib.info/islamic-clock/ kemudian pilih jenis tampilan jam. Dalam praktek ini saya mencarinya pada bagian Digital Clocks Gallery.

2.    Pada bagian Digital Clocks Gallery tersebut, saya memilih jenis jam Ornamental Button, dengan meng-klik tombol Get this clock…

 Jika sobat ingin mengganti tampilan jam dengan lainnya, silahkan pilih sesuai selera pada koleksi yang ada pada situs tersebut di atas.

3.    Pada tampilan selanjutnya, di bagian Appearance, tentukan jenis warna tampilan background dan assesoris jam dengan meng-klik Color I dan Color II. Sambil perhatikan tampilan jam pada Preview sebelah kiri.

 4.    Atur Time Zone, dengan meng-klik panah bawah pada tombol Computer Time, kemudian pilih zona waktu di mana sobat berada. Karena saya berada di Medan, maka saya memilih zona waktu GMT+7:00 atau zona Waktu Indonesia Barat (WIB).

5.    Kemudian sesuaikan warna background blog wordpress sobat dengan meng-klik tomblol Background Color. Pada praktek ini, saya memilih warna biru tua sesuai dengan background blog saya.

 6.    Atur panjang dan lebar tampilan jam pada bagian Width dan Height. Dalam praktek ini saya memilih Width=160 dan Height=91.

7.    Pada bagian Alignment, tentukan di mana posisi widget jam. Dalam praktek ini saya memilih menempatkannya di sebelah kiri. Dengan demikian, maka klik opsi Left, dengan terlebih dahulu menghilangkan tanda check pada bagian No Preferences.

8.    Dari seluruh pengaturan di atas, maka sobat dapat melihat tampilan Preview sebelah kiri lagi. Jika tampilan widget jam masih kurang, sobat dapat kembali melakukan pengaturan seperti langkah di atas.

9.    Pada bagian Code, klik tombol , sehingga berubah menjadi tombol UPDATE CODE, lalu klik tombol UPDATE CODE tersebut, dan tunggu beberapa saat, sehingga pada sisi sebelah kanan ditampilkan logo-logo gambar berikut:

10.  Selanjutnya, karena akan ditampilkan pada blog wordpress maka klik logo wordpress . Kemudian perhatikan pada script yang ada pada text box di atasnya. Kita akan meng-copy paste script tersebut ke bagian Text yang ada di Widget Dashboard wordpress. Caranya, klik kanan script tersebut, lalu pilih copy.

11.  Kemudian buka blog WordPress sobat dari Admin. Pilih menu Widgets di Dashboard. Cari widget Text lalu drag paste atau pindahkan ke Sidebar.

12.  Lalu paste-kan script tadi yang sudah di-copy ke dalam kotak yang ada di bawah Title:, kemudian klik tombol Save.

 13. Maka hasilnya akan terlihat pada sidebar di blog wordpress sobat sekalian.

Demikian sedikit sharing dari saya sekedar untuk mengisi kekosongan waktu sambil menunggu jam makan siang…he…he…

Buat Sobat yang tertarik tutorial ini, dapat mendownloadnya dalam bentuk file pdf dari link berikut: Membuat tampilan jam dan tanggal di wordpress

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya di http://www.habibahmadpurba.wordpress.com

Posted on 03/07/2012, in Wordpress and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: