Task Manager, Regedit, Show Hidden Files tidak bisa dibuka?


Alangkah kesalnya kita bila PC kesayangan kita sudah di bawah kendali virus, sehingga PC kita menjadi lamban, beberapa program dan fitur tidak dapat dijalankan, dan lain sebagainya. Terkadang untuk mengatasi hal tersebut kita sering memanfaatkan fasilitas Task Manager.  Dengan Task Manager, kita dapat mengecek aplikasi atau service apa saja yang sedang berjalan di belakang “layar” PC kita.

Namun ketika Task Manager kita buka, malah yang muncul pesan “Task Manager has been disabled by your administrator”.

Lebih lanjut penjelasan dari artikel ini dapat didownload dalam bentuk format .pdf melalui link berikut: Task manager, regedit dan show hidden file tidak bisa dibuka

Kemudian ketika kita ingin bermaksud meng-enable-kan fasilitas Taks Manager tersebut melalui registry editor (regedit), ternyata juga tidak bisa dibuka dan malah kembali muncul pesan yang sama bertuliskan ”Registry editing has been disabled by your administrator”.

Mungkin juga kita curiga, ada virus yang tersembunyi di harddisk dan tidak bisa kita lihat pada tampilan Explorer biasa. Selanjutnya ketika kita ingin mengecek file-file yang tersembunyi (hidden files) dan menampilkannya melalui menu [View] dari properties Folder Options ternyata di disable juga, padahal kita tidak pernah merasa men-disable menu-menu tersebut. (Wadduh… makin geram nih… Tolonngg…..!!!)

Jika ketiga langkah di atas sudah kita tempuh dan semuanya gagal, berarti berita buruk buat kita, sistem Windows kita sudah jatuh ke tangan musuh!! Biang kerok semua ini adalah virus, worm, trojan dan kroni-kroninya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membumihanguskan virus dan kroninya tersebut, yaitu dengan menggunakan antivirus terbaik dan tentunya sudah update. Silahkan PC anda di instal antivirus, di-update dan di-scan. Ternyata, walaupun PC sudah kita scan dan virusnya sudah musnah, mungkin saja virus masih meninggalkan settingan-settingan yang kacau di dalam sistem PC kita. Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengembalikan settingan tersebut ke bentuk semula (default).

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan setting seperti semula. Cara pertama adalah dengan men-delete DisableRegistryTools secara manual dari Command Prompt. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka command prompt, melalui Start >> run >> lalu ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) >> kemudian tekan Enter.
  • Ketikkan di command prompt sbb:

Reg delete HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System/v DisableRegistryTools

  • Kemudian akan muncul pertanyaan:

Delete the registry value DisableRegistryTools (Yes/No)?

  • Jawablah dengan mengetikkan: Y >> lalu tekan tombol Enter

Lihat gambar berikut:

Gambar tampilan di command prompt Windows

  • Setelah itu bukalah registry editor melalui menu run dengan mengetik: regedit lalu tekan tombol Enter. “Daarrr!!” fitur Regedit sudah bisa dibuka!

Dengan terbukanya Registry Editor berarti telah membuka jalan menuju perubahan setting berikutnya. Selanjutnya tinggal meng-enable-kan task manager dari registry editor.

Berikut ini caranya:

  • Buka Regedit
  • HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System
  • Pastikan nilai (value) untuk REG_DWORD DisableTaskMgr adalah 0 (zero).
  • Tutup Regedit.

Sedangkan untuk menampilkan file-file tersembunyi atau Show Hidden Files, settingnya ada di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\ Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL.

Nilai untuk REG_DWORD CheckedValue adalah 1, nilai ini biasanya di ubah menjadi 2 atau 0 oleh virus. Untuk mengubah nilainya, klik kanan pada CheckedValue, lalu pilih Modify, kemudian ganti nilainya 1 dan OK.

Gambar tampilan regedit

 Selain dari Registry Editor atau Regedit, bisa juga kita mengubah setting Windows PC kita dari menu Group Policy Editor.

Cara masuknya adalah dengan mengetikkan perintah gpedit.msc dari menu Start >> run, atau tekan keyboard tombol Windows dan huruf R secara bersamaan. Di dalam Group Policy Editor, terdapat 2 bagian menu, yaitu User Configuration dan Computer Configuration.
Untuk disable/enable Task Manager ada di menu User Configuration > Administrative Templates >> System >> Ctrl Alt del Options. Pilih setting “Remove Task Manager” dan ubahlah menjadi “disable” atau “not configured”.

Sedangkan untuk disable/enable regedit ada di menu User Configuration >> Administrative Templates >> System. Pilih setting “prevent access to registry editing tools”. Pilih disabled supaya kita bisa mengakses regedit.

Demikian, semoga bermanfaaat.

Referensi:
Dikutip dari berbagai sumber

Posted on 05/10/2012, in BAHAN AJAR, Hardware, Modul and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. uda ga malah tlsn acces deni pd saat di cmd kenapa ya?

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: