Cara Membatasi/Memblokir IDM (Internet Download Manager) dengan Mikrotik


mikrotikMembatasi atau membatasi Internet Download Manager (IDM) pada Mikrotik dapat dilakukan menggunakan Layer 7 protocol. Mengapa kita perlu membatasi atau memblokir IDM atau download manager lainnya?

Jika seorang user melakukan download menggunakan IDM, maka ia dapat menggunakan 16 koneksi sekaligus untuk mendownload file. Hal ini tentunya akan menguras bandwidth yang sudah dialokasikan, sehingga user lain yang tidak download akan terganggu karena koneksinya menjadi lambat.

Nah, untuk mengatasi hal itu, sebagai Admin kita dapat membatasi koneksi Internet Download Manager (IDM) menggunakan Layer7 Mikrotik. Caranya dengan menggabungkan fitur Layer7 Protocol dengan Firewall Filter Mikrotik.

Caranya sebagai berikut:

  1. Sebelum mulai, kita tes terlebih dahulu IDM kita untuk mendownload sebuah file. Pastikan koneksi downloadnya ada 8 atau bahkan 16 koneksi.
    limit idm_1
    .
  2. Selanjutnya, buka Winbox, kemudian klik menu IP –> Firewall –> Tab Layer 7. Buat rule baru dengan mengetikkan “Limit IDM” (tanpa tanda petik) pada bagian Name. Kemudian ketikkan script:
    get /.*(user-agent: mozilla/4.0|range: bytes=)” (tanpa tanda petik) pada bagian Regexp. Lihat seperti gambar berikut:
    limit idm_2
    .
  3. Kemudian masih pada jendela Firewall, klik tab Filter Rules. Buat rule baru dengan mengklik tanda tambah (+). Selanjutnya pada jendela New Firewall Rules yang muncul, klik tab General. Pada bagian Chain pilih forward, pada Protocol, pilih 6 (tcp). Perhatikan gambar berikut:
    limit idm_3
    .
  4. Kemudian klik tab Advanced, pada bagian Layer 7 Protocol, pilih nama Layer 7 Protocol yang sebelumnya dibuat yaitu Limit IDM.
    limit idm_4
    .
  5. Selanjutnya klik tab Extra –> Connection Limit. Pada bagian Limit, ketik 2 (untuk menentukan jumlah koneksi IDM yang diijinkan). Pada bagian Netmask ketik 32.
    limit idm_5
    .
  6. Terakhir, klik tab Action, pada bagian Action, pilih drop. Lalu Apply dan OK.
    limit idm_6
    .
  7. Setelah setingan selesai dibuat, maka coba kembali PC anda untuk mendownload sebuah file dengan menggunakan IDM.
    limit idm_7
    .
    Dari gambar di atas, hasilnya terlihat bahwa IDM hanya diberi batas hingga 2 koneksi saja. Dengan demikian, maka akses bandwidth pada PC client lainnya masih tetap terjaga karena mikrotik kita sudah membatasi koneksi pada IDM.

.

Demikianlah tutorial tentang cara membatasi/melimit koneksi IDM dengan menggunakan Firewall Layer 7 Protocol pada MikroTik. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.

Posted on 30/10/2012, in Mikrotik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: