Optimalisasi PC Lawas dengan Tool Hiren’s


Bila sobat semua masih punya PC kesayangan yang kinerjanya ‘ngoyo’, letoi dan gak bergas sama sekali maka hal itu dapat dengan mudah di optimasi oleh tool bawaan hiren. setidaknya akan ada peningkatan dari sebelum kita lakukan oprek dari segi software. kita akan lakukan langkah dari optimasi registry, backup driver, bersih-bersih old chache sampai menghentikan proses yang gak kita perlukan. Untuk download tutorialnya, silahkan klik Optimalisasi PC lawas dengan Tool Hiren, untuk download software hiren’s nya (500MB), silahkan klik http://www.hirensbootcd.org/files/Hirens.BootCD.15.1.zip. Karena uukuran software ini sangat besar (maklum dah.. karena software ini sangat banyak manfaatnya dan biasa digunakan oleh para Teknisi Komputer), gunakan download manager, misalnya IDM agar lebih cepat dan lebih aman jika suatu saat proses download terputus, karena bisa dilanjutkan lagi.

Bila sobat semua sudah mengunduh atau sudah punya software hiren silahkan dicopy dahulu ke hardisk atau ke flashdisk, dari cd-pun boleh juga. kalo belum punya hiren silahkan disimak dulu aja ya…hehehe. yuk kita simak step by step singkatnya.

Langkah 1

Silahkan eksekusi hiren sobat, ekstensinya bukan .exe tapi .cmd lho seperti screenshoot di bawah ini.

Langkah 2

Kita lakukan bersih-bersih terlebih dahulu dengan menggunakan tool ccleaner yang sudah tertanam di hiren.

Sobat tinggal klik aja tombol run cleaner, hal ini aman dan tidak ada efeknya selain PC sobat akan lebih mak nyus nantinya karena file-file temporar akan dihilangkan disini.

Kemudian sobat pindah ke tab Registry, dan tekan aja tombol scan for issues setelah itu klik Fix selected Issues… ini pun aman kita gunakan, dan juga bikin mak nyos laju PC sobat.

Setelah itu kita akan menonaktifkan startup program yang tidak kita inginkan agar loading pertama kali OS kita terasa ringan dan cepat. harap diingat program yang terload pada startup yang gak boleh di disabled antara lain antivirus dan engine yang sobat perlukan untuk di load pertama kali, agar tidak terjadi crash.

Langkah ke 3

Setelah kita lakukan optimasi di atas sebenarnya PC sobat sudah ada sedikit peningkatan performa. Sekarang kita lakukan penataan file utama windows atau yang sering disebut Defrag. tool di hiren ini cepat dalam optimasi men-defrag file yang ter-fragmented daripada tool bawaan windows. Silahkan temukan tool-nya seperti tampilan di bawah ini.

Setelah jendela muncul maka langsung aja lakukan aksi defrag pada drive dimana OS terinstall, biasanya drive C, benar kan?

Langkah ke-4

Restart aja PC sobat…. dan eng ing eng…. gimana rasanya… mantab kan ?🙂

Cara-cara diatas tentunya tidak harus berurutan seperti itu, boleh kok acak dalam langkah-langkah optimasinya. tentu dalam tool hiren akan sangat powerfull jika digunakan semaksimal mungkin dan sesuai kebutuhan kita. Jadi gak ada salahnya kita mencoba hal diatas walau tool optimizer banyak bertebaran di dunia maya. keunggulan dari penggunaan tool hiren diatas kita tidak perlu melakukan langkah instalasi apapun. jadi akan terasa ringan untuk melakukan optimasi dan gak repot sama sekali. tinggal klak dan klik.

Oke, saya cukupkan sampai disini dulu Optimalisasi PC Lawasnya, kalo terlalu banyak screenshoot nanti malah ngambek semua deh sobat untuk buka halaman ini… jadi berat gitu lohhh… hehehe. Akhirnya saya ucapkan selamat meng-obrak abrik performa PC sobat dan salam semangat selalu. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Sumber:
http://www.ruangsharing.com

Posted on 08/11/2012, in Tools, Tutorial and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: