Membuat Hubungan Point to Point dengan Radio Bullet UBNT (sebagai AP WDS dan Client WDS)


Kali ini saya mau share Langkah-langkah Konfigurasi Radio Bullet M2 sebagai Access Point WDS. Tujuannya adalah untuk pemasangan jaringan Point to Point dengan jarak kurang lebih 9 km dalam kondisi banyak hambatan, tapi radio ini cukup andal untuk kondisi yang demikian.

Mungkin judul yang seperti ini sudah banyak di internet tapi saya mau nyoba-nyoba nulis aja mumpung tidak ada kerjaan, sekalian berbagi sama teman-teman yang mungkin membutuhkannya, jika ada komentar, sekalian mohon pencerahannya. Bagi yang berminat tutorialnya, klik Setting Radio Bullet M2 sebagai AP WDS dan Client.


Perangkat yang dibutuhkan antara lain :

1.    Radio Bullet M2, lengkap dengan POE dan adaptor-nya.

2.    Kabel UTP (sebaiknya yang bisa untuk outdor, misalnya : AMP CAT 5E)

3.    Antena (Grid/sectoral/omni) sesuai keperluan.

 

 4.    Lapto/PC komputer untuk setting radio Bullet-nya.

Setelah semuanya lengkap, saatnya melakukan pemasangan semua peralatan, dengan topologi sebagai berikut:

Antena Grid –> Bullet M2 –> Kabel UTP –> POE Adaptor –> sambungkan ke laptop


Langkah-Langkahnya:

  1. Buka web browser pada laptop anda.
  2. Ketik kan IP default radio Bullet 192.168.1.20
  3. Kemudian isikan username (ubnt)sama passwordnya (ubnt)
  4. Pada tab [Wireless] pilih [Access Point WDS], kemudian isikan SSID, seperti terlihat pada gambar di bawah, atau sesuai keperluan anda.
  5.  Pada tab [Network] dibagian Network Mode pilih [Bridge], di bagian Disable Network pilih [None]. Lalu pilih opsi [Static] di bagian Bridge IP Address, kemudian isikan IP Address, Netmask, Gateway, Primary DNS IP dan Secondary DNS IP.
  6. Selanjut pada tab [Advance].
  7.  Lanjut tab [System].

Di sini ada fitur Device Name. Untuk keamanan konfigurasi agar tidak dirubah oleh orang yang tidak berhak, gantilah password default admin-nya. Jika anda ingin melakukan reset otomatis, membackup ataupun merestore hasil konfigurasi, juga dapat dilakukan dari tab [System] ini.

Demikianlah Langkah-langkah Konfugirasi Radio Bullet M2 sebagai Access Point WDS. Selanjutnya adalah Langkah-langkah Konfigurasi Radio Bullet sebagai Client WDS, yang akan ditampilkan pada posting berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Posted on 10/11/2012, in BAHAN AJAR, NETWORKING, Tutorial, Wireless and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Siang gan mau tanya

    Kalau pengirimnya bulet m2 ,
    Recievernya ,tp link cpe 510 bisa gak kira” gan

    Ane mau pasang point to point, dari kota ke tempat ane jarak 9km memang ada gunung, kira” bisa tembus gak gan?,, sarannya gimana…?

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: