Membuat Server Debian 6 Squeeze Lengkap


debian squeezeDalam tutorial kali ini, kita akan membahas tentang server untuk jaringan. Sebelum masuk pada bagian yang bersifat teknis yaitu instalasi dan konfigurasi aplikasi dan layanan server, terlebih dahulu saya jelaskan tentang server. Server sesuai dengan namanya, bisa diartikan sebagai pelayan pada suatu jaringan komputer. Server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan server adalah DHCP, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client.

Sebagai contoh, DHCP client akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server; ketika sebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.

Sekarang, kita akan membahas yang lebih teknis, yaitu membuat Server dengan menggunakan Debian 6 “Squeeze” melalui bantuan aplikasi VirtualBox. Aplikasi dan layanan yang akan dibuat pada server ini meliputi:

  1. Modul 1 : Instalasi Server Debian Squeeze
  2. Modul 2 : Konfigurasi Interface Network pada Debian 6 Squeeze
  3. Modul 3 : Instalasi dan Konfigurasi DNS Server Debian 6 Squeeze
  4. Modul 4 : Instalasi dan Konfigurasi Web Server Debian 6 Squeeze
  5. Modul 5.a : Instalasi dan Konfigurasi WordPress pada Web Server Debian 6 Squeeze
  6. Modul 5.b : Instalasi dan Konfigurasi Joomla pada Web Server Debian 6 Squeeze
  7. Modul 6 : Instalasi & Konfigurasi DHCP Server Debian 6 Squeeze, Routing Internet dari PC Client
  8. Modul 7 : Instalasi dan Konfigurasi FTP Server Debian 6 Squeeze serta Upload data menggunakan WinSCP
  9. Modul 8 : Instalasi dan Konfigurasi Mail Server Debian 6 Squeeze
  10. Modul 9 : Instalasi dan Konfigurasi Web Proxy Debian 6 Squeeze
    .

TOPOLOGI JARINGAN VIRTUAL

Sebelum kita masuk pada langkah instalai dan konfigurasi Server Debian ini, terlebih dahulu kita tampilkan topologi jaringan yang akan kita praktikkan. Topologi jaringan virtual yang akan dipraktikkan sebagai berikut:

topologi virtual

Sesuai dengan topologi di atas, tampak bahwa kita bekerja pada sebuah komputer host (komputer nyata) dalam hal ini saya menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 7 Ultimate. Di dalam OS ini selanjutnya saya install virtual machine, yaitu VirtualBox. Anda juga dapat menggunakan virtual machine yang lain seperti VMware, VirtualPC, dll. Selanjutnya pada di VirtualBox ini, baru kita install sistem operasi untuk server yaitu Debian 6 (Squeez) dan sistem operasi untuk client yaitu Windows XP. Hubungan (topologi) ketiga komputer (PC host, server debian, dan PC client) seperti pada gambar di atas.

Demikianlah tutorial tentang Topologi dan Konfigurasi Interface pada VirtualBox. Jika anda berminat untuk mendownload file PDF tutorial ini, silahkan klik Modul 0_Topologi dan Konfigurasi Network Adapter pada VirtualBox. Terima kasih atas kunjungan anda.

Posted on 27/09/2013, in Linux, Tutorial and tagged , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. Aditya Candra Setiawan

    Modulnya sangat bermanfaat, terimaksih

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: