Modul 7: Instalasi dan Konfigurasi FTP Server Debian 6 Squeeze serta Upload Data dari Client Menggunakan WinSCP


debian squeezeSelamat datang kembali sobat semua, kembali kita melanjutkan materi server dengan Debian 6 Squeeze. Sebelumnya kita sudah membahas cara Instalasi dan Konfigurasi DHCP Server Debian 6 Squeeze serta Routing Internet dari Client. Sekarang kita lanjutkan pembahasan cara Instalasi dan Konfigurasi FTP Server Debian 6 Squeeze.

Sebelum kita masuk pada pokok bahasan, sedikit dijelaskan tentang pengertian dan fungsi FTP Server. FTP (file transfer protocol) adalah suatu protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman data komputer antar mesin-mesin dalam jaringan yang mensuport TCP/IP Protocol.

Fungsi FTP Server adalah untuk menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file (dalam istilah asingnya yaitu File Exchange) yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request atau permintaan dari FTP Client. Sementara FTP Client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP Server untuk tujuan tukar-menukar file (Download dan Upload file).

Baiklah, sekarang kita masuk pada pembahasan utama. Langkah-langkah instalasi dan konfigurasi FTP Server Debian sebagai berikut:

  1. Installpaket FTP server
    root@server-tkj:/home/habib# apt-get install proftpd
  2. Pada jendela yang muncul, pilih [standalone] >> [OK]
    6-2
    .
  3. Edit isi file paket proftpd.
    root@server-tkj:/home/habib# nano /etc/proftpd/proftpd.conf
  4. Edit script sehingga seperti pada gambar sebelah kanan berikut:
    6-4
    Simpan konfigurasi di atas dengan menekan tombol Ctrl + x, kemudian y lalu tekan ENTER.
    .
  5. Kemudian restart konfigurasi file proftpd.
    root@server-tkj:/home/habib# /etc/init.d/proftpd restart
  6. Uji hasil konfigurasi dengan perintah links.
    root@server-tkj:/home/habib# links ftp.smknbi.net
  7. Maka akan ditamplikan seperti gambar berikut:
    6-6
    Jika tampil seperti gambar di atas, berarti koneksi ke server masih berjalan dengan baik, namun tidak bisa login karena menggunakan browser links yang berbasis teks. Untuk keluar, gunakan tombol keyboard q lalu ENTER. Untuk itu, kita harus mengujinya dengan browser berbasis GUI.
    .
  8. Selanjutnya uji dengan Web browser dari PC client. Ketikkan pada address bar: www.ftp.smknbi.net dari PC client. Jika muncul konfirmasi user dan password, isikan user dan password akun yang dibuat saat instalasi debian.
    6-7
    .
  9. Maka akan ditampilan file/folder yang dapat diakses pada FTP server oleh FTP Client seperti gambar berikut:
    6-9
    .
  10. Sampai di sini sebenarnya konfigurasi FTP server telah selesai kita buat. Namun dengan adanya service FTP server, kita dapat melakukan upload data dari PC client ke server. Untuk itu, kita perlu tools berbasis grafis (GUI) yang dapat mengakses server, seperti FileZilla atau WinSCP. Di sini kita menggunakan tools WinSCP yang dapat anda cari di google, atau bisa didownload di SINI.
    .
  11. Setelah anda download, install dan jalankan tools WinSCP tersebut dari PC client, sehingga ditampilkan WinSCP Login:
    Pada bagian kanan jendela WinSCP Login, pilih dan isilah datanya sebagai berikut:
    – File protocol : pilih FTP
    – Encryption : No Encryption
    – Hostname : (Nama domain FTP atau IP address server), misal: smknbi.net
    – Port number : 21
    – Username : (Akun yang ada di server, lihat di direktori /home), misal: habib
    – Password : (Masukkan password dari akun yang digunakan), misal: 123456
    Lalu pilih tombol Login untuk mengakses ftp server.
    winscp
    .
  12. Setelah akses ke ftp server terbuka melalui WinSCP, selanjutnya pada jendela sebelah kiri, pilih foder/file (1) yang akan diupload dari PC client ke ftp server. Lalu  pada jendela sebelah kanan yaitu direktori server, tentukan direktori tujuan dimana file/folder akan diletakkan (2). Bila perlu buat lagi sub direktori baru (3 dan 4). Selanjutnya pilih OK.
    winscp2
    .
  13. Kemudian pilih kembali file-file yang akan diupload dari PC client, lalu klik kanan dan pilih Upload. Pada jendela konfirmasi yang muncul, pilih OK. Maka proses upload file dari PC client ke server akan berlangsung hingga pada direktori tujuan di server akan terlihat file-file yang telah berhasil diupload. Kita dapat memeriksa hasil upload ini langsung dari server kelak.
    winscp3
    .

Cukup mudah bukan? Demikianlah pembahasan cara Instalasi dan Konfigurasi FTP Server Debian 6 Squeeze. Tahap selanjutnya adalah Instalasi dan Konfigurasi Mail Server Debian Squeeze.

Jika anda berminat untuk mendownload file PDF tutorial ini, silahkan klik Modul 7_Instal dan Konfigurasi FTP Server serta Upload Data dari Client Menggunakan WinSCP. Terima kasih atas kunjungan anda.

Posted on 02/10/2013, in debian 6 squeeze, debian server, Linux, Tutorial and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Thanks tutorialnya gan lagi belajar nih

  2. muhammad azhari

    terima kasih banyak

  3. thanks tutorial nya

  4. thank tutorialnya semoga sukses selalu

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: