Download Soal Ujian PLPG TKJ Rayon 106 UNP Angkatan VI Tahun 2013


plpgTeman-teman para guru, khususnya guru Teknik Komputer dan Informatika… pekan kemarin tanggal 26 Oktober 2013, penulis baru saja menyelesaikan kegiatan Diklat PLPG untuk Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang dilaksanakan oleh Rayon 106 Universitas Negeri Padang di Bukittinggi Sumatera Barat. Di akhir Diklat, peserta akan mengikuti Ujian, yang terdiri dari 2 jenis, yaitu ujian Nasional (kayak siswa aja ya….) dan ujian Lokal (ada hubungannya gak dengan LAN atau Jaringan Lokal… he..he..).

Penulis sendiri merasa kewalahan selama mengikuti Diklat PLPB. Barangkali dari berbagai Diklat yang pernah penulis ikuti, mungkin Diklat inilah yang paling melelahkan karena begitu banyaknya tugas-tugas yang diberikan dan harus selesai pada hari itu juga, sehingga waktu untuk istiraht dan tidur merupakan hal yang sangat langka…

Seperti yang telah saya utarakan tadi, Diklat ini ada 2 kali ujian, yaitu ujian Nasional dan ujian Lokal. Menurut Panitia sih, kedua-duanya sangat menentukan. Jadi gak ada pilihan, keduanya harus sungguh-sungguh dilaksanakan.
.

1. Ujian NASIONAL

Soal ujian nasionl hampir keseluruhan diambil dari soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Online yang pernah kita ikuti pada periode Mei s/d Juni 2013 lalu. Namun penyajian soal dalam ujian PLPG ini dalam bentuk tes tertulis yaitu tes uraian objektif atau pilihan berganda.

Dalam tes ini, soal yang diujikan masih didominasi materi untuk kompetensi keahlian Multimedia yang hampir 45%. Sedangkan sisanya untuk kompetensi keahlian TKJ dan RPL masing-masing 28%). Bagi teman-teman yang sudah lupa soal-soal UKG Online lalu, ayo….. kuras lagi otaknya (maaf….) mudah-mudahan masih ada yang tertinggal di memory ingatannya.
.

2. Ujian LOKAL

Soal Lokal ini konon disusun oleh para fasilitator berdasarkan uraian pada pendalaman materi yang telah diberikan pada saat pelaksanaan Diklat PLPG. Soal ini diujikan dalam bentuk tes uraian tertulis yaitu berupa tes essai analisis.

Penulis ingin berbagi tentang soal yang diujikan pada ujian Lokal PLPG lalu. Namun daya ingat penulis tidak secemerlang masa lalu, sehingga apa yang akan penulis share-kan berikut ini sisa-sisa yang masih ada di memory kepala penulis…he..he..

Yang penulis ingat dari soal-soal Lokal PLPG sebagai berikut:

  1. Gambarkan illustrasi dan jelaskan bagaimana paket-paket data dapat terkirim dari sebuah PC host ke sebuah PC server melalui lapisan-lapisan pada OSI Layer. Jelaskan secara rinci.
  2. Sebuah jaringan akan dibangun di SMK Negeri Binaan Provinsi Sumut yang memiliki 7 Program Keahlian, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Teknik Audio Video, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Tenaga Listrik, dan Teknik Pemesinan. Jaringan ini diberikan dengan IP Publik mulai dari 189.100.100.4 s/d 189.100.100.8. Di sekolah ini direncanakan dipasang aplikasi Sistem Informasi Sekolah dan aplikasi lainnya pada server aplikasi, web server, mail server, ftp server, dan database server.
  • Gambarkanlah illustrasi desain jaringan yang menghubungkan jaringan publik dengan jaringan lokal untuk setiap program keahlian. Pada setiap jaringan lokal di program keahlian terdiri dari jaringan lokal untuk Ruang Guru, Laboratorium/Workshop, dan Akses untuk Siswa.
  • Analisalah IP address yang akan digunakan pada setiap jaringan dengan memanfaatkan penggunaan Subneting.
  • Tuliskan masing-masing IP address yang digunakan pada setiap device di jaringan yang ada.
    .

Demikianlah sharing tentang Soal Ujian Nasional dan Lokal pada Diklat PLPG TKJ Rayon 106 UNP yang penulis ikuti pada 26 Oktober 2013 lalu. Penulis mohon maaf, tidak semuanya bisa penulis ingat, sehingga apa yang ada dalam postingan ini hanyalah sebatas kemampuan ingatan penulis. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua…. Amiin….

.

UPDATE !!!
Maaf… barusan dapat sharing dari teman via Facebook (trims untuk sobat Yannuarlin dr SMKN 5 Dumai, Riau). Gak sia-sia ia dari Multimedia, ternyata masih sempat menjepret soal saat ujian masih berlangsung. Jadi saya convert aja ke MS. Word. Silahkan unduh link berikut untuk dibahas:
Soal Ujian Tulis Lokal PLPG TKJ Angkatan 6

Untuk Soal Ujian Tulis Lokal (SUTL) Ulangan 1 yang diujikan tanggal 5 Nopember 2013, silahkan unduh link berikut juga untuk dibahas: SUTL Ulangan1 TKJ 5 Nop 2013

.

Posted on 30/10/2013, in Tak Berkategori and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. afdoal wahyurrahman

    ada yang RPL pak?

Berikan Komentar Anda