Membuat Soal Online dengan Quizstar


quiz starSebagai guru tentunya kita tidak pernah lepas dari kegiatan mengevaluasi siswa atas kegiatan belajarnya. Dengan kegiatan evaluasi ini, kita akan mengetahui sejauhmana hasil belajarnya, sehingga dapat memberikan rekomendasi apa yang sebaiknya diberikan kepada anak sebagai tindak lanjut kegiatan evaluasi tersebut.

Salah satu kegiatan evaluasi dalam pembelajaran di kelas adalah pengukuran melalui pemberian tes atau ujian kepada anak. Tes biasanya untuk mengukur sejauhmana suatu pokok-pokok materi tertentu yang sudah diserap oleh siswa. Ada banyak jenis dan cara memberikan tes kepada siswa dan telah dibahas berulang-ulang dalam dunia pendidikan. Dalam tutorial ini, kita ingin berbagi tentang cara memberikan tes atau ujian secara online melalui QUIZSTAR.

Quizstar dapat digunakan dengan mengakses alamat situs http://quizstar.4teacher.org. Ada banyak kelebihan dengan menggunakan Quizstar, antara lain anda dapat mengelola soal, kelas, melampirkan file multimedia untuk pertanyaannya, membuat soal dengan berbagai bahasa, menampilkan soal pada waktu tertentu, dapat diakses dari komputer manapun yang terhubung ke internet, memungkinkan siswa untuk menyelesaikan dan meninju ulang jawaban kuisnya, dan sebagainya.
.
.

A.  USER INSTRUCTOR DAN USER STUDENT
.

User Instructor merupakan user yang memiliki hak untuk mengadministrasi dan mengelola soal, kelas dan report. Mengelola soal antara lain membuat soal, skoring soal, mengatur timer atau kapan soal ditampilkan, menentukan jenis dan bentuk soal apakah pilihan ganda, benar-salah (true-false), atau essay. Mengelola kelas berarti membuat kelas, menentukan kelas mana yang dapat mengakses soal yang diujikan dan mengelompokkan siswa pada kelas-kelas tertentu. Report berarti menampilkan hasil diperoleh setiap siswa untuk setiap soal yang dikerjakan, statistik, menentukan berapa kali kesempatan hak sebagai user siswa dapat mengakses soal, mengevaluasi tingkat kesulitan soal, dan sebagainya.
.

Sedangkan User Student merupakan user yang akan mengakses dan mengerjakan soal-soal yang telah diberikan oleh User Instructor. Agar dapat mengakses soal-soal dimaksud, seorang siswa harus terlebih dahulu memiliki account sebagai User Student. Untuk mendaftar account sebagai User Student tidak perlu alamat email seperti halnya pada pendaftaran User Instructor. Cukup memasukkan nama depan, nama belakang, username, dan password. Pendaftaran User Student dapat dilakukan oleh User Instructor atau siswa sendiri. Langkah-langkah pendaftaran User Instructor dan User Student akan dibahas dalam tutorial ini.
.

B.  PENDAFTARAN USER INSTRUCTOR
.

Syarat pembuatan soal online dengan quizstar adalah harus memiliki account sebagai User Instructur. Untuk membuat User Instructor, terlebih dahulu anda harus mendaftar menjadi User Instructor dengan mencantumkan sebuah alamat email. Cara mendaftar sebagai user Instructor sebagai berikut:

  1. Buka situs : http://quizstar.4teachers.org/
  2. Klik link [Get Started].
    .
    b2. daftar instruktur
    .
  3. Pada tampilan selanjutnya, isikan alamat email pada kotak Email Login, lalu isi juga password dan konfirmasi password. Kemudian klik tombol [Continue].
    .
    b3. email
    .
  4. Selanjutnya tampil halaman konfirmasi bahwa pendaftaran telah sukses. Di sini anda diminta untuk mengaktivasi User Instructor yang baru saja dibuat dengan menjalankan sebuah link yang dikirim oleh support@4teachers.org ke alamat email anda.
    .
    b4. sucsesful daftar
    .
  5. Selanjutnya anda buka alamat email yang tadi digunakan dalam proses pendaftaran User Instructor.
    .
    b5. email link
    .
  6. Cari di kotak [Inbox] atau mungkin di kotak [Spam], lalu klik pada link yang diberikan oleh support@4teachers.org.
    .
    b6. email link2
    .

Setelah proses ini selesai, maka anda telah memiliki account sebagai User Instructor dan siap untuk digunakan.
.
.

C. PENGELOLAAN CLASS FOLDER ATAU KELAS
.

Pengelolaan Class Folder atau kelas dilakukan agar anda memiliki kelas-kelas yang nantinya diisi nama-nama siswa. Dengan adanya Class Folder ini, maka soal-soal yang sudah kita susun kelak, cukup didaftarkan pada kelas yang anda diinginkan, sehingga siswa yang berada pada kelas tersebutlah yang dapat mengakses dan mengerjakan soal-soal tersebut. Setelah kelas dibuat, anda bisa mendaftarkan nama-nama  siswa dengan masing-masing passwordnya kemudian. Langkah-langkah pengelolaan kelas ini sebagai berikut:

  1. Buka kembali alamat http://quizstar.4teachers.org/, lalu klik tombol [Instructors Site].
    .
    c1. instructors site
    .
  2. Selanjutnya login dengan memasukkan alamat email dan password yang kita buat pada saat proses pendaftaran sebelumnya.
    .
    c2. instructors login
    .
  3. Pada halaman utama Quizstar, klik tab [Class Manager].
    .
    c3. clas tab
    .
  4. Pada halaman Class Manager, akan ditampilkan nama-nama Class Folder jika sudah pernah dibuat sebelumnya, sebagaimana pada gambar di bawah ini. Namun jika Class Folder belum pernah dibuat, maka nama-nama Class Folder tidak akan tampak di halaman Class Manager. Class Folder ini adalah nama kelas yang di dalamnya akan diisi nama-nama siswa anda. Pada Class Folder ini juga nanti didaftarkan soal-soal yang dibuat, sehingga siswa-siswa yang ada di dalam Class Folder tersebut dapat mengakses dan mengerjakan soal-soal tersebut. Menarik bukan?
  5. Untuk membuat Class Folder yang baru, klik pada tombol [New Class], seperti pada gambar berikut.
    .
    c5. new class
    .
  6. Pada halaman New Class, pastikan anda berada pada tab [Settings]. Kemudian isi nama kelas pada kotak [Class Title]. Nama class title ini nanti akan menjadi nama Class Folder saat ditampilkan pada halaman Class Manager. Selanjutnya isi jumlah pertemuan selama di kelas yang bersangkutan pada kotak [Time]. Jumlah angka pada isian ini tidak mutlak dan tidak mempengaruhi saat siswa mengakses soal. Kemudian isi jumlah siswa pada kelas tersebut pada kotak [Class Quota]. Lalu tentukan opsi [Public Class] atau [Private Class]. Jika anda menggunakan opsi Public Class, maka peserta yang dapat mengakses soal tidak terbatas dari mana saja di seluruh permukaan jagat raya ini, tergantung jumlah class quota yang sudah anda tentukan sebelumnya. Artinya, siapa saja dapat mengakses soal-soal anda. Akan tetapi jika anda menggunakan opsi Private Class, maka yang dapat mengakses soal-soal hanyalah siswa tertentu, yang sudah anda daftarkan pada Class Folder tersebut. Nanti akan kita bahas bagaimana mendaftarkan nama-nama siswa pada kelas tersebut.
    .
    c6. buat class
    .
  7. Pada kotak Description, isikan identitas/deskripsi soal anda. Tujuannya agar siswa yang mengakses soal-soal anda mendapat kepastian bahwa mereka tidak salah dalam memilih soal. Hal ini sangat penting, terlebih-lebih pada kelas yang menggunakan opsi Public Class. Selanjutnya klik tombol [Create Class].
    .
    c7. description class
    .
  8. Maka pada halaman Class Manager, akan ditampilkan Class Folder yang baru saja kita buat.
    .
    c8. Class baru
    .
    .

D. PENGELOLAAN SOAL
.

Pengelolaan soal bertujuan untuk menentukan judul, tampilan, instruksi soal, dan sebagainya, termasuk bentuk soal apakah multiple choice, true/false, atau uraian singkat. Berikut ini adalah langkah-langkah mengelola soal yang akan diujikan pada class folder XI-TKJ Semester 1 yang baru saja anda buat.

  1. Untuk mengawalinya, klik pada menu [Quiz Manager].
    .
    d1. quiz manager
    .
  2. Pada halaman Quiz Manager, terdapat nama-nama soal yang sudah pernah dibuat, seperti pada tampilan gambar di bawah ini. Jika anda belum pernah membuat soal, maka nama-nama soal pada kolom Quiz Title akan kosong. Untuk membuat soal baru, klik pada tombol [New Quiz].
    .
    d2. soal baru
    .
  3. Pada halaman Quiz Manager, anda mengelola tampilan soal yang akan diakses oleh siswa di kelas
    XI-TKJ Semester 1. Pastikan anda berada pada tab [Quiz Setting], lalu isikan dengan memperhatikan keterangan berikut ini:

    • Quiz Title, yaitu judul atau nama soal yang akan ditampilkan kelak pada halaman Quiz Manager. Dalam hal ini saya mengisi dengan KK-13 MIPJBL, yaitu materi kompetensi yang sudah saya ajarkan di kelas tersebut.
    • Quiz Instructions, yaitu kotak tempat instruksi apa yang harus diperhatikan atau dilakukan oleh siswa sebelum menjawab soal.
    • Questions Displayed, yaitu opsi jumlah soal yang akan ditampilkan saat siswa mengerjakan soal tersebut. Di sini saya memilih opsi pertama, yaitu 01 per page (satu soal per halaman), sehingga kesempatan siswa untuk mencontek jawaban teman di sebelahnya semakin kecil.
    • Questions sorted ramdomly, yaitu untuk menampilkan agar nomor-nomor soal ditampilkan secara acak (random). Dengan fasilitas ini, soal yang ditampilkan untuk setiap siswa akan berbeda, walaupun nomor soalnya sama, sehingga meminimalisasi kesempatan mencontek dari teman di sebelahnya.
    • Quiz Attempts, yaitu jumlah kesempatan bagi siswa untuk menjawab soal yang sama. Perlu diperhatikan, jika siswa yang akan mengerjakan soal ini belum terbiasa dengan pengerjaan soal melalui Quizstar ini, maka ada baiknya Quiz Attempts diberi angka 2 atau lebih, sehingga apabila siswa salah dalam prosedur pengerjaan soal, masih ada kesempatan untuk mengulanginya.
    • Feedback to Students About Incorrect Response(s), yaitu untuk memberikan umpan balik bagi siswa terhadap soal-soal yang salah. Opsi yang dapat dipilih adalah:
      – Umpan balik ditampilkan setelah selesai habis jumlah attempts yang diberikan.
      – Umpan balik ditampilkan setiap selesai satu attempts.
      – Umpan balik tidak ditampilkan.
      – Umpan balik ditampilkan setelah masa pengerjaan soal berakhir waktunya.
    • Correct Answer Shown for Incorrect Responses, untuk menampilkan jawaban yang benar sebagai pembanding atas jawaban yang salah.
      – Jawaban yang benar ditampilkan setelah selesai habis jumlah attempts yang diberikan.
      – Jawaban yang benar ditampilkan setiap selesai satu attempts.
      – Jawaban yang benar tidak ditampilkan.
      – Jawaban yang benar ditampilkan setelah masa pengerjaan soal berakhir waktunya.
    • Email Me Quiz Results, yaitu hasil dari soal yang dikerjakan dikirim secara otomatis ke alamat email. Opsi pengiriman hasil ini dapat dilakukan berdasarkan berakhirnya masa berlakunya soal, harian, mingguan, atau tidak pernah sama sekali.
      .
      d3h. setting soal
      .
    • Font Size, yaitu untuk menentukan ukuran huruf yang ditampilkan pada saat soal dikerjakan oleh siswa.
    • Enable a Timer for your Quiz, yaitu untuk menentukan berapa lama waktu pengerjaan soal.
    • Setelah selesai pengaturan tampilan soal, selanjutnya klik tombol [Save] untuk menyimpan.
      .
      d3k. setting soal2
      .
      .

E.   PEMBUATAN SOAL
.

Setelah tahap pengelolaan sebuah soal dilakukan, selanjutnya anda akan membuat soal. Sebelum soal ditulis, terlebih dahulu kita tentukan jenis soal yang akan dibuat, apakah soal bentuk multiple choice (pilihan ganda), true/false (benar/salah), atau essay (uraian singkat). Dalam contoh ini, kita akan membuat soal dengan bentuk multiple choice. Untuk pembuatan soal ini, langkah-langkahnya berikut:

  1. Pastikan anda berada pada sub tab [Question Form].
  2. Pada kotak [Question worth], tentukan skor untuk setiap soal yang akan ditampilkan.
  3. Pada kotak [Question], isikan pertanyaan yang akan diberikan.
  4. Jika soal yang diberikan ini mengandung gambar atau video, maka sisipkanlah gambar atau video dengan mengkilik tombol [ATTACH MEDIA].
    .
    e4. susun soal-1
    .
  5. Klik tombol [Browse…] untuk memilih file gambar atau video yang akan disisipkan pada soal.
    .
    e5. insert media
    .
  6. Cari file gambar atau video yang akan disisipkan, lalu klik tobol [Open].
    .
    e6. insert media2
    .
  7. Selanjutnya klik tombol [Upload]
  8. Setelah file gambar ditampilkan di Media Repository, klik tombol [Insert] yang terdapat di atas file gambar tersebut.
    .
    e8. insert media3
    .
  9. Selanjutnya file gambar akan tampak tersisip menyertai soal yang sudah kita isi sebelumnya.
    .
    e9. insert media4
    .
  10. Selanjutnya anda tentukan jenis soal yang akan ditampilkan. Ada 3 (tiga) opsi bentuk soal yang dapat dipilih, yaitu:
    • Multiple Choice (MC), yang terdiri dari Multiple Choice (memilih salah satu jawaban yang paling benar), dan Multiple Correct (opsi jawaban yang benar lebih dari satu).
    • True / False (TF), yaitu bentuk pernyataan soal benar atau salah.
    • Short Answer (SA), yaitu soal bentuk essay atau isian singkat.

    .

  11. Karena dalam contoh soal yang akan kita buat ini adalah bentuk soal Multiple Choice (memilih salah satu opsi jawaban yang paling benar), maka klik pada opsi Multiple Choice (MC) dan Multiple Choice: “Select One”.
    .
    e11. insert media4
    .
  12. Selanjutnya isilah opsi jawaban pada masing-masing kotak di bagian [Mark Correct]. Beri tanda ceklist pada kotak kecil di sebelah opsi jawaban yang benar yang merupakan kunci jawaban pada soal tersebut. Jika opsi jawaban memerlukan gambar atau video, lakukan penyisipan file gambar atau video seperti pada langkah sebelumnya dengan mengklik tombol [ATTACH MEDIA] pada masing-masing opsi jawaban.
    .
    e12. opsi jawaban
    .
  13. Jika opsi jawaban yang tersedia masih kurang (defaultnya disediakan 5 opsi), maka tambahi opsi jawaban dengan mengklik tombol [Add another choice].
  14. Setelah satu soal dibuat lengkap beserta opsi jawabannya, simpan dan lanjutkan untuk membuat soal berikutnya dengan mengklik tombol [Save, make new question]. Namun jika tidak ingin melanjutkan ke soal berikutnya, maka klik pada tombol [Save, go to question list] untuk menampilkan daftar susunan soal yang sudah dibuat.
    .
    e14. save
    .
  15. Dalam contoh ini saya akan klik pada tombol [Save, go to question list] untuk menampilkan daftar soal yang sudah dibuat seperti gambar berikut ini. Untuk melanjutkan pembuatan soal untuk nomor berikutnya klik pada tombol [New Question]. Sedangkan untuk menjalankan soal yang sudah dibuat klik pada tombol [Preview Quiz].
    .
    e15. list soal
    .
  16. Tampilan preview soal nomor 1 yang telah dibuat.
    .
    e16. preview soal
    .

Demikianlah cara pembuatan soal dengan menggunakan Quizstar. Selanjutnya adalah mendaftarkan soal yang sudah dibuat pada kelas yang sudah ada.
.

.

F. MENDAFTARKAN SOAL PADA CLASS FOLDER
.

Soal-soal yang sudah dibuat, tidak bisa langsung diakses oleh siswa. Terlebih dahulu soal yang sudah dibuat harus didaftarkan pada kelas yang anda inginkan. Sebagai contoh, dalam tutorial ini anda akan mendaftarkan soal KK-13 MIPJBL pada kelas XI-TKJ Semester 1. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu [Quiz Manager] >> tab [Quiz Repository].
    .
    f1. daftar soal pada kelas
    .
  2. Selanjutnya akan ditampilkan nama-nama soal pada bagian Quiz title. Pilih salah satu, misalnya KK-13 MIPJBL. Di sebelah kanan klik dropdown [Select Class] >> lalu pilih kelas yang diinginkan, dalam hal ini adalah [XI-TKJ Semester 1].
    .
    f2. daftar soal pada kelas
    .
  3. Setelah ditentukan nama kelas, klik tombol berwarna hijau yang ada di bawahnya.
    .
    f3. daftar soal pada kelas
    .
  4. Selanjutnya tentukan aktivasi soal kapan diakses oleh siswa. Ada 2 (dua) pilihan pengaturan tanggal aktivasi soal, yaitu:
    • Specify active dates, yaitu pengaturan aktivasi soal berdasarkan tanggal dan waktu. Pada bagian ini, soal dapat diatur kapan mulai ditampilkan/diakses oleh siswa dengan menentukan tanggal, jam dan menit. Anda dapat mengetikkannya sesuai format tanggal dan waktu yang diminta. Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas tombol kalender yang ada di sampingnya.
      .
      f4. tgl aktivasi soal
      .
    • Quiz is always active, yaitu pengaturan soal agar selalu aktif, sehingga kapan saja dapat diakses oleh peserta, tergantung jumlah kesempatan (attempts) yang kita berikan.
  5. Setelah menentukan aktivasi waktu sebuah soal, selanjutnya klik tombol [Assign].
    .
    f5. always activate
    .
  6. Sekarang soal anda sudah aktif sehingga bisa diakses oleh siswa.
    .
    f6. soal sdh aktif
    .

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nama-nama siswa pada kelas XI-TKJ Semester 1, sehingga siswa inilah yang dapat mengakses soal yang sudah anda buat.
.

.

G. PENDAFTARAN USER STUDENT ATAU SISWA PADA CLASS FOLDER
.

Pendaftaran User Student atau siswa pada kelas atau Class Folder bertujuan agar kelas tersebut memiliki siswa yang dapat mengakses dan mengerjakan soal yang telah anda buat. Langkah-langkah mendaftarkan siswa untuk kelas XI-TKJ Semester 1 adalah sebagai berikut:

  1. Klik pada menu [Class Manager] >> lalu pilih Class Folder [XI-TKJ Semester 1].
    .
    g1. daftar siswa
    .
  2. Pada halaman berkutnya, klik pada tab [Students] >> [Add Student].
    .
    g2. add student
    .
  3. Pada halaman pengisian data siswa, pilih opsi [Add New Student to Class Roster] >> kemudian isi data siswa pada kotak yang tersedia >> [Submit].
    .
    g3. isi data siswa
    .
  4. Untuk mendaftarkan nama siswa lainnya, ulangi seperti langkah di atas. Anda harus mencatat Username dan Password setiap siswa, untuk selanjutnya diberikan kepada setiap siswa di kelas anda. Dengan Username dan Password tersebut, siswa dapat login untuk mengkases soal yang sudah anda buat sebelumnya.
    .

Selain cara di atas, masih ada cara lain untuk mendaftar user sebagai siswa. Cara ini sebaiknya dilakukan sendiri oleh siswa sendiri apabila sudah cukup mahir mengoperasikan PC dan internet. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka alamat situs http://quizstar.4teachers.org/
  2. Klik menu [Student Site]
  3. Pada halaman berikutnya klik tombol [Sign Up]
  4. Pada menu Student Registration, isikan dengan lengkap:
    • First Name (nama depan anda)
    • Last Name (nama belakang anda)
    • Username (minimal 3 huruf dan tanpa spasi)
    • Create Password, dan Re-type Password
  5. Klik tombol [Register]. Sampai di sini, anda sudah terdaftar sebagai user Student. Selanjutnya anda dapat mengakses soal yang diberikan oleh guru/instruktur.
    .

.

H. MENGAKSES DAN MENGERJAKAN SOAL
.

Setelah memiliki account sebagai User Student, maka anda dapat mengakses dan mengerjakan soal-soal yang telah dibuat User Instructor anda. Langkah untuk mengakses dan mengerjakan soal sebagai berikut:

  1. Buka kembali situs http://quizstar.4teachers.org/
  2. Klik menu atau tombol [Student Site] >> klik tombol [Login]
  3. Pada menu Login, masukkan Username dan Password.
    .
    h3. login user student
    .
  4. Secara default, anda akan berada pada halaman Classes. Pada halaman ini akan ditampilkan nama-nama kelas di mana anda ada terdaftar di dalamnya. Berdasarkan tampilan ini, akan diketahui anda terdaftar di kelas mana saja. Pada gambar berikut, pilih [Untaken Quizzes] yang terdapat pada kelas XI-TKJ Semester 1.
    .
    h4. taken
    .
  5. Pada halaman berikutnya, tampil daftar nama soal yaitu KK-13 MIPJBL, maka pilih tombol [Take].
    .
    h5, hx10. start taken
    .
  6. Kemudian klik tombol [Start Quiz]. Pada halaman yang muncul berikutnya, klik kembali tombol
    [Start Quiz].
    .
    h6, hx11. start quis
    .
  7. Lalu jawablah soal-soal yang ditampilkan dengan memilih opsi jawaban yang paling benar. Untuk melanjutkan ke soal berikutnya, klik tombol [next page] yang terdapat di bawah soal.
    .
    h7. next page
    .
  8. Anda dapat melewatkan soal-soal yang dianggap sulit, atau beri tanda ceklist pada kotak bendera (flag) untuk soal-soal yang masih ragu kebenaran jawabannya.
    .
    h8. flag soal sulit
    .
  9. Nanti setelah selesai menjawab soal nomor terakhir, maka ditampilkan kembali daftar soal secara keseluruhan. Dalam daftar ini akan terlihat soal-soal yang belum dijawab, jawabannya masih ragu, dan soal-soal yang sudah lengkap dijawab. Dengan demikian, anda masih memiliki kesempatan untuk merevisi jawaban dengan mengklik tombol [change answer] pada soal yang diinginkan.
    .
    h9. change answer
    .
  10. Setelah selesai menjawab seluruh soal, klik tombol [Submit Quiz] di bagian bawah soal, kemudian perhatikan skor atau persentase perolehan nilai anda.
    .
    h10. submit quiz
    .
  11. Untuk keluar dari account User Student, klik tombol [Logout of QuizStar].
    .
    h11. skor
    .

Ada cara lain untuk mengakses soal yaitu dengan menggunakan fasilitas Search. Fasilitas ini biasanya digunakan oleh User Student yang mendaftarkan accountnya secara mandiri (pendaftaran tanpa melalui User Instructor). Fasilitas ini mencari soal berdasarkan nama User Instructornya. Setelah menemukan User Instructornya, maka akan ditampilkan daftar soal-soal yang dapat diakses oleh User Student. Langkah-langkah menggunakan fasilitas Search ini sebagai berikut:

  1. Buka kembali alamat http://quizstar.4teachers.org/
  2. Klik menu atau tombol [Student Site] >> tombol [Login].
  3. Pada menu Login, masukkan Username dan Password anda.
  4. Setelah anda berada di halaman account, klik tombol menu [SEARCH] warna kuning yang terdapat di pojok kanan atas.
    .
    h4. taken
    .
  5. Pada bagian Class Search, klik drop down [Class Title] di samping Class #1 >> pilih Teacher’s Name
  6. Pada kotak di sampingnya, ketikkan nama instruktur yang memberikan soal di kelas anda. Contoh dalam tutorial ini adalah Habib Ahmad (perhatikan huruf besar dan huruf kecilnya).
  7. Klik tombol [Exact Match] untuk mencari kelas berdasarkan nama instruktur.
    .
    hx7. buat user siswa
    .
  8. Pada bagian Class Title, beri tanda ceklist pada nama kelas yang ditentukan, dalam contoh ini adalah XI-TKJ Semester 1. Kemudian klik tombol [Register] untuk mendaftar di kelas XI-TKJ Semester 1.
    .
    hx8. search instructor
    .
  9. Setelah terdaftar, selanjutnya klik menu [CLASSES] >> [Untaken Quizzes].
    .
    hx9. untaken quizzes
    .
  10. Untuk mulai menjawab soal yang diberikan guru, klik pada tombol [Take] seperti pada gambar berikut.
    .
    h5, hx10. start taken
    .
  11. Selanjutnya tampilan soal dan perhitungan waktu selama proses menjawabnya dimulai setelah diklik tombol [Start Quiz]. Pada tampilan berikutnya, peseta didik akan menjawab soal sesuai nomor soal yang ditampilkan. Langkah-langkah pengerjaan soal selanjutnya sama seperti yang telah dijelaskan pada langkah sebelumnya.
    .
    h6, hx11. start quis
    .

Demikianlah cara mencari, mengkases dan mengerjakan soal yang telah diberikan oleh User Instructor. Langkah selanjutnya anda akan mengelola hasil ujian atau tes yang telah dikerjakan oleh User Student atau siswa pada halaman Report Manager.
.

.

I. MENGELOLA REPORT MANAGER
.

Pada menu Report Manager, anda bisa melihat hasil laporan atas setiap soal yang telah dikerjakan oleh siswa. Dari setiap soal ini, anda mengetahui skor masing-masing siswa yang telah mengerjakan soal tersebut. Di halaman ini juga anda dapat menambah kesempatan kepada siswa yang belum mencapai nilai lulus untuk mengulang kembali mengerjakan soal yang sama, dengan menambahkaan angka attempts (kesempatan) pada siswa yang bersangkutan. Langkah-langkah untuk mengelola halaman Report Manager sebagai berikut:

  1. Loginlah sebagai User Instructor pada alamat http://quizstar.4teachers.org/
  2. Setelah tampil halaman utama account anda, klik menu [Report Manager].
    .
    i2. report manager
    .
  3. Dari halaman utama Report Manager, akan tampak nama-nama Class Folder yang sudah anda buat sebelumnya pada halaman menu Class Manager. Dalam contoh tutorial ini saya akan menampilkan report soal KK-09 MIPJL yang terdapat pada kelas XI-TKJ, sebagaimana tampak pada gambar. Klik link [Active Report(s)] pada Class Folder XI-TKJ.
    .
    i3. report manager
    .
  4. Pada halaman Class Report selanjutnya, tentukan soal yang ingin dilihat reportnya. Dalam contoh ini nama soalnya adalah KK-09 MIPJL. Lalu klik pada tombol View yang terdapat pada baris KK-09 MIPJL.
    .
    i4. view soal
    .
  5. Pada halaman Quiz Results Overview berikutnya akan ditampilkan grafik dan informasi lain terhadap soal yang telah dikerjakan siswa.
    .
    i5. report result
    .
  6. Selanjutnya klik tab [Student Results] untuk melihat skor yang dicapai oleh masing-masing siswa.
    .
    i6. result student
    .
  7. Untuk menambah kesempatan bagi siswa untuk mengulangi ujian karena belum mencapai batas kelulusan, maka klik pada kotak attempts siswa yang mengulang, lalu klik tombol tambah (+).
    .
    i7. tambah attempts
    .
  8. Untuk menganalisis soal, misalnya ingin mengetahui soal mana yang sulit dan mudah, dapat lihat dengan memilih tab [Question Analysis].
    .
    i8. analisis soal.
    .

Demikianlah tutorial cara membuat dan mengerjakan soal online menggunakan Quizstar. Jika ada pertanyaan silahkan dikirim ke alamat email: habibahmadp@gmail.com.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Posted on 04/12/2013, in BAHAN AJAR, E-LEARNING, Tutorial and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: