Pembahasan Soal Ujian Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (UKK TKJ) SMK TP. 2020/2021


ukkSebentar lagi bagi kelas XII SMK akan melaksanakan Ujian Praktek Kejuruan sebagai salah satu syarat untuk lulus dari SMK. Demikian juga halnya untuk adik-adik kelas XII SMK kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Di sini saya akan mencoba membuat pembahasan soal UPK TKJ hingga TP. 2021/2022 dengan peralatan sesuai tuntutan soal. Jika anda mengalami keterbatasan peralatan untuk mempraktekkannya, silahkan gunakan aplikasi simulator atau virtual machine seperti GNS3, VirtualBox, VWware, dan sebagainya, dengan terlebih dahulu mempersiapkan file ISO operating systemnya (mungkin pada beberapa perangkat tertentu tidak dapat dilakukan dengan simulator).

Soal-soal tersebut dapat didownload dari link berikut:

.

Untuk Pembahasan Soal UKK / UPK TKJ dapat dilihat Panduan Tutorial PDF dan Videonya dari link berikut:

.

Note:
Jika peralatan tidak ada, untuk mempraktekkan soal-soal tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi GNS3 dan VirtualBox atau VM lainnya. Untuk ISO Mikrotik, Ubuntu atau Debian, dan tutorial penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut dapat disearching di google.

Demikian, terima kasih dan semoga dapat membantu.

Posted on 10/01/2020, in BAHAN AJAR, Jobsheet, TUGAS SISWA, XII-TKJ and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. bang tolong dibahas yang paket 4 kurikulum 2006 tahun 2017/2018

  2. Untuk paket 1 Ini pakai ubuntu 15.04 apa 16.04

Berikan Komentar Anda